Mendagri Tegaskan Jangan Percaya Calo PNS

 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat meninjau pelaksanaan verifikasi dokumen pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  dan Kementerian Pertanian di Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat meninjau pelaksanaan verifikasi dokumen pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Kementerian Pertanian di Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung Rizki

detak.co.id BANDUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dengan tegas menyatakan masyarakat yang ikut tes CPNS jangan percaya calo yang menawarkan lulus tes.

"Yang bisa membantu peserta tes lulus CPNS hanya kemampuan diri sendiri. Yang bisa bantu itu hanya kemampuan saja. Tes ini terbuka, kalau ada yang mengatasnamakan seolah-olah bisa membantu menjamin kelulusan, jelas dia itu penipu. Jadi jangan lagi percaya calo," tegasnya didampingi Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja, saat meninjau pelaksanaan verifikasi dokumen pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Kementerian Pertanian di Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung, Senin, (16/10/2017).


Menteri Asman juga memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). "Kerjakan soal dengan sungguh-sungguh agar hasil yang diperoleh juga baik, dan tidak lupa berdoa sebelum mengerjakan," ujarnya.


Kabag Komunikasi Publik Kemenetrian PANRB Suwardi mengingatkan, SKD dengan Computer Assisted Test (CAT) bagi pelamar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mulai digelar Selasa (17/10). Namun, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, belum seluruh 19 titik tempat pelaksanaan tes CPNS.


Dikatakan, ada enam daerah yang sudah melaksanakan tes. Keenamnya, Nusa Tenggara Barat (NTB) (di UPT BKN Mataram), Gorontalo (UPT BKN Gorontalo), Banten (UPT BKN Serang), Bali Kanreg BKN X Denpasar), Kalimantan Selatan (Kanreg BKN VIII Banjarmasin), dan Sumatera Utara (Kanreg BKN Medan).


Dijelaskan, pelaksanaan SKD CPNS Kementerian PANRB bersamaan dengan instansi lain, karena jumlah peserta di tiap-tiap daerah tidak banyak. “Terbanyak pesertanya ada di Jakarta, yakni 39 orang yang pelaksanaannya di BKN Pusat Jakarta, pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2017 mendatang,” imbuh Suwardi.


Selain Jakarta, peserta SKD yang jumlahnya lebih dari 10 orang ada di Jawa Barat (11 orang), Jawa Timur (10 orang) dan DIY (17 orang). Untuk daerah lain, pesertanya paling banyak 5 orang, bahkan sebagian besar yang pesertanya hanya satu orang.

Seperti diketahui, dari hasil seleksi administrasi, Kementerian PANRB hanya meloloskan 108 pelamar untuk dapat mengikuti SKD untuk mengisi 91 formasi CPNS yang dibuka.
Kepada peserta SKD, Suwardi mengingatkan berbagai ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan tes agar berjalan tertib. “Peserta tes diwajibkan hadir 60 menit sebelum ujian untuk melakukan registrasi,” ujarnya. (rls)

Rate this item
(0 votes)
Go to top