Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Bandara Soekarno Hatta

Presiden Jokowi saat meresmikan kereta api Bandara Soekarno Hatta. Presiden Jokowi saat meresmikan kereta api Bandara Soekarno Hatta. Herman

Detak.co.id TANGERANG-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandar Udara (kereta bandara) di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa, (2/1/2018).

Pada kesempatan ini presiden ditemani sejumlah menteri Kabinet Kerja, di antaranya, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Banten Wahidin Halim serta Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Tiba di Bandara, Jokowi langsung menuju lantai dua stasiun bandara untuk menghadiri acara peresmian kereta bandara yang dibangun PT Railink, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras pihak-pihak terkait yang telah membangun kereta bandara sejak tiga tahun lalu. “Alhamdulillah, kita bisa resmikan kereta bandara setelah tiga tahun dibangun. Kereta bandara ini merupakan salah satu penyedia moda transportasi untuk mencegah kemacetan," kata Jokowi.

Presiden Jokowi menuturkan, ke depannya Kereta Api Bandara ini akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti MRT, LRT, dan Bus Transjakarta. Bila moda transportasi itu sudah terintegrasi secara penuh, diharapkan masyarakat bisa beralih menggunakan transportasi umum, alih-alih kendaraan pribadi. “Diharapkan masyarakat mau pindah ke transportasi umum yang nyaman, yang bisa digunakan secara bersama-sama,” ujar Jokowi.

Adapun, Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai (Jakarta)- Sudirman Baru (Jakart) – Duri (Jakarta) - Batu Ceper (Tangerang)- Bandara Soekarno Hatta (Tangearang) dan sebaliknya.

Sebelum diresmikan, kererta bandara sudah sempat diuji coba atau sub-launching pada tanggal 26 Desember 2017-1 Januari 2018. Pada masa uji coba tersebut, harga tiket KA promo Rp 30.000 per-penumpang. Setelah diresmikan, diberlakukan tarif normal sebesar Rp 70.000 kepada penumpang.

Rate this item
(0 votes)
Go to top