Kapolda Jabar Inspeksi Polsek Perbatasan Jabar-Jateng Wilayah Selatan

detak.co.id KOTA BANJAR -Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol. Drs Agung Budi Maryoto didampingi Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol. Drs Supratman dan rombongan melakukan kunjungan kerja sekaligus inspeksi ke wilayah hukum Kepolisian Sektor Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (10/9/2017).

Kunjungan kerja Kapoda dan rombongan ke wilayah hukum Polda Jabar di bagian Timur-Selatan Jabar menjadi agenda penting bagi kesiapan Polsek Lakbok yang menjadi bagian dari Kepolisian Resort (Polres) Ciamis dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Diketahui, secara kewilayahan, Polsek Lakbok berbatasan dengan Polsek yang menjadi wilayah hukum Polres Kota Banjar, dan akses lalu-lintas masyarakatnya pun lebih banyak melintas di wilayah Polsek-Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Kota Banjar.

Mengingat akses utama lalu-lintas masyarakat dan kesatuan hierarkis Polres Ciamis menuju Polsek Lakbok melalui wilayah poros Ciamis-Kota Banjar dalam wilayah Hukum Polres Kota Banjar, maka Polres Kota Banjar pun menjadi wilayah yang turut jadi tuan rumah kunjungan Kapolda Jabar dan rombongan.

Untuk itu, Kapolres Kota Banjar AKBP Twedi AB, S.Sos, SIK, MH didampingi Waka Polres Banjar dan seluruh personil Polres Banjar melaksanakan kegiatan pengamanan jalur rute yang dilalui Kapolda Jabar dalam rangka kunjungan kerja tersebut.

Menurut Kapolres Kota Banjar, pengamanan jalur lalu lintas (Lalin) tersebut dilaksanakan untuk membuat arus lalu lintas menjadi lancar, terutama bila ada rombongan VIP melintas.

"Pengerahan personil ini dilaksanakan untuk memastikan dan menjamin rangkaian kendaraan rombongan dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Banjar tetap aman saat pimpinan tertinggi di Polda Jabar melintasi Wilayah Hukum Polres Banjar," ungkap Kapolres Banjar.

Selain itu, menurut Kapolres Banjar, pengamanan akses jalur perlintasan Kapolda Jabar bukan hanya pada saat pemberangkatan saja, namun juga saat kembali dari kunjungan kerja dari Polsek Lakbok yang merupakan salah satu Polsek perbatasan di wilayah Polres Ciamis.

Untuk itu, lanjut Kapolres Banjar, meskipun hari Minggu seluruh personil Polres Banjar tetap di siagakan untuk mengantisipasi terkait keamanan dan kelancaran perlintasan Kapolda Jabar yang baru beberapa waktu lalu menerima tongkat komando Polda Jabar dari Kapolda sebelumya Irjen Pol Dr. Drs. H. Anton Charliyan, MPKN

Kapolres Banjar menambahkan kunjungan Kapolda Jabar ke Polsek Lakbok ini dalam rangka meninjau kesiapan seluruh personil dan mengecek Mako Polsek Lakbok yang merupakan Polsek Perbatasan di wilayah Polda Jabar.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Muspida Kab Ciamis jajaran Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama dari wilayah Kabupaten Ciamis dan utusan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto menghimbau kepada semua instansi, tokoh agama serta tokoh masyarakat untuk terus meningkatkan sinegritas Tiga Pilar, sehingga tercipta keadaan yang aman dan kondusif di wilayah Jawa Barat.

Kapolda Jabar juga berharap, bahwa dalam kunjungan kerja yang pertama ini merupakan media silaturahmi dan media sosialisasi untuk selalu menjaga keamanan dan kerukunan umat. Menurutnya, salah satunya adalah adanya upaya perorangan untuk tetap menjaga keutuhan terhadap NKRI, kemudian mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga keutuhan dan kerukunan bernegara.

Rate this item
(0 votes)
Go to top