Olahraga

Haornas 2024 Bertepatan dengan PON XXI

24
×

Haornas 2024 Bertepatan dengan PON XXI

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, Sport – Tahukah anda, Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Pada peringatannya ke-41 ini, akan bersamaan dengan pelaksanaan opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Dilansir RRI, Dalam rangka merayakan peringatan Haornas ke-41 bersamaan dengan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut. Menteri Pada dan Olahraga (Menpora) juga merilis Surat Edaran (SE) yang berisi terkait penyelenggaraan puncak peringatan Haornas 2024.

Tema Hari Olahraga Nasional 2024

Peringatan Haornas ke-41 tahun 2024 mengusing tema “Ayo Berolahraga: Bersatu Kota Juara”. Informasi hal tersebut termuat dalam SE Menpora Nomor 9/3/30 Tahun 2024 tentang Peringatan Hari Olahraga Nasional XXI 2024.

Uniknya dalam penyelenggaraan opening ceremony PON XXI Aceh-Sumut akan bertepatan pada Haornas Ke-41. Penyelenggaraan puncak peringatan Haornas di tingkat pusat akan dilaksanakan sebagai rangkaian opening ceremony PON di Aceh.

Sementara pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dapat menyelenggarakan puncak peringatan Haornas ke-41. Namun dengan catatan harus menyesuaikan situasi dan kondisi masing-masing.

Sejarah dan Latar Belakang Haornas

Tahukah Anda, 9 September memiliki makna tersendiri bagi olahraga Indonesia, yang dikenal sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Penetapan tanggal 9 September sebagai Haornas ini kemudian di dasari sebagai Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo, 9 September 1948.

Penetapan ini yang kemudian diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. Sehingga telah resmi penetapan Hari Olahraga Nasional pada tanggal tersebut.