Olahraga

Andres Iniesta Gantung Sepatu dari Dunia Sepak Bola

54
×

Andres Iniesta Gantung Sepatu dari Dunia Sepak Bola

Sebarkan artikel ini

detak.co.id Bola – Andres Iniesta memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola profesional. Mantan bintang Barcelona itu gantung sepatu sebagai pemain profesional di usia 40 tahun.

Menurut laporan media Spayol Marca, Selasa (1/10/2024), Andres Iniesta akan mengumumkan pada 8 Oktober bahwa dia akan meninggalkan sepak bola. Pahlawan Piala Dunia 2010 dan legenda Barcelona itu sudah memberitahu orang terdekatnya terkait keputusannya ini.

Tanggal 8 Oktober 2024 dipilih Iniesta untuk mengumumkan pensiun sebagai penghormatan terhadap nomor jersey ikoniknya, yakni nomor 8. Sempat muncul rumor ia akan reuni dengan Messi dan Busquets di Inter Miami, tetapi bekas maestro Barcelona itu diklaim tidak akan hijrah ke MLS.

Dilansir RRI, Sebelumnya, Iniesta telah menyebut akan fokus memulai kariernya di kancah kepelatihan setelah pensiun sebagai pemain. Gelandang andalan Timnas Spanyol itu selalu berharap bisa kembali ke Barcelona suatu hari nanti.

“Tentu saja saya ingin kembali ke Barca suatu hari nanti, karena itulah perasaan saya. Tapi saya belum tahu kapan atau bagaimana, tidak ada yang tahu, kita lihat seperti apa keadaannya nanti,” ucap Iniesta dikutip dari Marca.

Iniesta yang merupakan jebolan akademi Barca La Masia seperti halnya Lionel Messi, Xavi, dan Sergio Busquets mencatatkan 674 penampilan untuk Blaugrana. Gelandang yang kini menginjak usia ke-40 itu membantu Barca memenangkan sembilan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Prestasinya bersama tim nasional Spanyol juga tak kalah mengesankan, dengan dua gelar Piala Eropa (2008 dan 2012) serta Piala Dunia 2010. Setelah meninggalkan Barcelona pada 2018, Iniesta bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe.

Di sana, ia membantu klub memenangkan Piala Kaisar Jepang pada 2019 dan Piala Super Jepang pada 2020. Klub teraktual yang dibela Andres Iniesta ialah klub Uni Emirat Arab, Emirates Club.