Daerah

Pilkada Kabupaten Serang 2024, Andika-Nanang Nomor Urut 1 Bawa 13 Program Unggulan

4
×

Pilkada Kabupaten Serang 2024, Andika-Nanang Nomor Urut 1 Bawa 13 Program Unggulan

Sebarkan artikel ini

detak.co.id Pasangan Calon Bupati Serang dan Wakil Bupati Serang Andika Hazrumy-Nanang Supriatna mendapatkan nomor urut 1 untuk gelaran Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Diketahui, pasangan Andika-Nanang membawa visi misi dalam membangun Kabupaten Serang maju, mandiri, dan berkelanjutan pada Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Diketahui, keduanya mengusung 13 program unggulan dalam memajukan Kabupaten Serang kedepan, mulai dari mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif dengan 1 desa 1 produk unggulan dan pemberian prioritas kesempatan kerja bagi nasyarakat yang memiliki KTP Kabupaten Serang pada perusahaan yang beraktifitas di Kabupaten Serang.

Berikutnya program pendidikan gratis pada SD dan SMP serta beasiswa untuk pendidikan menengah, pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi.

Pasangan ini juga akan melakukan program peningkatan kelas Puskesmas menjadi status rawat inap pada 16 Puskesmas dan penyediaan mobil homecare untuk dokter khusus mengunjungi pasien disabiltitas dan usia lanjut.

Program unggulan selanjutnya adalah penyediaan ruang terbuka hijau disetiap kecamatan 1 taman kota; peningkatan status jalan desa menjadi jalan kabupaten dan peningkatan coverage area pemanfaatan air bersih melalui PDAM.

“Kami juga akan melakukan program penataan dan promosi wisata menjadi daerah tujuan wisata nasional dan mancanegara,” kata Andika.

Pasangan Andika-Nanang, sambung Andika, juga akan melakukan program penataan pusat pemerintahan Kabupaten Serang; dan peningkatan kualitas layanan birokrasi berbasis elektonik.

Sementara untuk mewujudkan misi kelima terkait peran agama dan ulama, program unggulan yang akan dilakukan adalah penyediaan beasiswa setiap madrasah khusus 1 santri dan 1 ustadz/ustadzah dan peningkatan peran alim ulama dan tokoh agama dalam memperkuat toleransi dan kerukunan umat.

Sejumlah jabatan dan karier politik pernah dipegang pasangan Calon Bupati Serang nomor urut 1 Andika Hazrumy-Nanang Supriatna yang maju pada Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Diketahui, Andika Hazrumy memulai karier politiknya sejak lama, tepatnya mulai tahun 2009 lalu sebagai Anggota DPD RI, kemudian dilanjutkan sebagai anggota DPR RI pada 2014.

Tidak sampai disitu, Andika Hazrumy juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 mendampingi Wahidin Halim (WH) kala itu.

Sejumlah prestasi pernah diukir Andika Hazrumy saat memimpin Provinsi Banten bersama mantan Gubernur Banten Wahidin Halim, mulai dari penataan kawasan Banten Lama, Pembangunan Banten International Stadium (BIS) atau biasa dikenal Banten Sport Center, pembangunan Jembatan Monumental Raden Aria Wangsakara atau Jembatan Bogeg, Pembangunan Gedung 8 Lantai RSUD Banten sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan di Banten, dan masih banyak lagi.

Untuk pembangunan serta penataan kawasan Banten Lama. Sebelumya Pemprov Banten pernah menggelontorkan anggarannya melalui APBD Provinsi Banten dibawah kepemimpinan WH-Andika. Diketahui Banten Lama merupakan ikonnya Provinsi Banten serta menjadi pusat peradaban Islam di Banten.

Disusul pembangunan gedung olahraga bertaraf Internasional, Banten International Stadium (BIS) atau biasa dikenal Banten Sport Center yang dibangunkan di daerah Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang dengan total anggaran mencapai Rp 900 miliar lebih pada Tahun 2020 lalu.

Tidak sampai disitu, Pemprov Banten dibawah kepemimpin WH-Andika juga sukses membangun jembatan monumental Aria Wangsakara atau biasa dikenal jembatan Bogeg, dengan total anggarannya mencapai Rp 165 miliar. Pembangunan jembatan Bogeg dibangun dengan konstruksi steel box, dengan total panjang 78 meter dan lebar 33,8 meter untuk 8 lajur kendaraan. Jembatan Bogeg memiliki ruas masing-masing arah terdapat 4 lajur kendaraan.

Termasuk membangun gedung 8 lantai pada RSUD Banten dengan total anggaran mencapai ratusan miliar dari APBD Banten. Semua itu ditujukan untuk meningkatkan palayanan kesehatan kepada masyarakat. Seperti diketahui, RSUD Banten merupakan salah satu Rumah Sakit rujukan di Banten, karena dianggap lengkap dengan fasilitas serta peralatan medisnya dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat Banten khususnya.

Pada sisi lain, Nanang Supriatna juga pernah menjabat sebagai seorang Camat di beberapa kecamatan di Kabupaten Serang, hingga akhirnya mencapai karir tertinggi seorang ASN yaitu sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Serang.

Didasari pengalaman keduanya itu, pasangan Andika Hazrumy-Nanang Supriatna merupakan kombinasi politisi dan birokrat berpengalaman yang tidak diragukan lagi kapasitas kepemimpinannya.

Kini, keduanya telah memantapkan langkahnya maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang pada gelaran Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Andika Hazrumy sendiri mengaku, sudah turun ke masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Serang sejak 2 tahun belakangan pasca menjabat Wakil Gubernur Banten.

Dengan sudah relatif lamanya dia berkeliling wilayah Kabupaten Serang itu, dia mengaku sudah dangat paham betul terkait hal-hal yang perlu dikerjakan kedepan dalam membawa Kabupaten Serang kearah yang lebih baik lagi.

“Dan sejak jauh-jauh hari kami telah siap dengan strategi bagaimana untuk mengatasi persoalan-persoalan di Kabupaten Serang” katanya.

“Jika nanti saya terpilih, saya akan membuat kebijakan kuota tenaga kerja ber-KTP kabupaten Serang 50 persen di industri setempat, dan memastikan tidak ada pungli (pungutan liar), paparnya.

Selain itu, kata dia, di bidang pendidikan dirinya menargetkan agar sekolah pada jenjang pendidikan dasar yaitu SD dan SMP bisa secara 100 persen bebas biaya.