KAB. SERANG, detak.co.id, – Wakil Gubernur Banten A Dimyati Natakusumah tinjau pelayanan Program Pembebasan Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Banten Tahun 2025 di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Cikande, Jl Raya Serang – Jakarta, Ciruas, Kabupaten Serang, Jum’at (11/4/2025). Memastikan pelayanan kepada masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor berjalan baik.
“Pelayanan yang diberikan petugas cukup lumayan bagus. Alhamdulillah ini tertib. Kemarin dapat informasi ramai,” ungkap Dimyati.
Diakuinya, memang masih ada keluhan dari masyarakat seperti soal cabut berkas perlu adanya petugas yang bersiap. Keluhan lainnya adalah soal KTP pemilik lama yang dipermudah dengan KTP pemilik baru ditambah surat pernyataan kepemilikan.”Jika tidak sesuai batal demi hukum kepemilikannya. Tidak perlu ke pengadilan,” ucapnya.
Dimyati mengungkapkan, dirinya keliling memantau pelayanan UPT Samsat untuk mencegah ada calo, jangan ada pungutan liar (pungli, red). Tidak boleh ada perantara, harus konsumennya lansung datang.
“Visi Tidak Korupsi,” tegasnya.
Dimyati juga tekankan UPT Samsat membuka gerai-gerai di tingkat kecamatan yang sudah memiliki fasilitas lengkap, khususnya jaringan internetnya. Mulai dari cek fisik hingga pembayaran bisa dilakukan di gerai. “Di sini (UPT Samsat, red) tinggal cetak BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, red) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, red),” ucapnya.
Terhadap masyarakat yang sudah masuk antrian, Dimyati harapkan petugas melayani hingga tuntas. “Alhamdulillah yang antri happy semua,” ungkapnya.
Meski demikian, Dimyati sarankan kepada para petugas untuk memberikan skala prioritas kepada kelompok lanjut usia (lansia, red), ibu hamil, disabilitas, serta yang membawa anak-anak. “Itu berlaku mau dimanapun. Misal naik kendaraan, di bandara maupun stasiun kereta api. Maka di sini juga berlaku. Ada loket khusus juga di sini,” ucapnya.
“Mudah-mudahan sukses. Alhamdulillah lancar, saya apresiasi,” pungkas Dimyati.
Di UPT Samsat Cikande Kabupaten Serang, terpantau petugas pelayanan sudah ditambah, ruang tunggu ramah anak dengan beberapa wahana permainan anak dan pojok baca, disediakan tenda di luar ruang, serta tersedia air minum dalam kemasan di ruang tunggu. (Zal)